Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE Laksanakan Silatnas Pertama di Makassar

By Editor 15 Des 2022, 14:02:57 WIB Sulawesi Selatan
Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE Laksanakan Silatnas Pertama di Makassar

Intiberita, Makassar -- Untuk pertama kalinya sejak didirikan Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE, komunitas ini akan.menggelar Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Minggu 18 Desember 2022 di Hotel Lynt Makassar.

Peserta Silatnas akan dihadiri sekitar ratusan wija (rumpun keluarga, red)  berdarah Gowa, Bone dan Luwu dari berbagai provinsi di tanah air.

" Kami akan gelar silatnas ini  hari Minggu mendatang. Dan sampai hari ini sudah 70 orang wija melakukan registrasi tentang kehadirannya, termasuk para wija dari Kalimantan dan Jakarta," tutur Panitia Pelaksana Silatnas I, Hj Andi Saida Wawo kepada media ini.

Baca Lainnya :

Ketua Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE Muhammad Hasan Basri Ambarala membenarkan akan dilaksanakannya Silatnas pertama kalinya di Makassar dan berharap akan dilanjutkan dari tahun ke tahun dilaksanakan oleh para wija 

Menurut dia, Silatnas ini dilaksanakan atas dorongan para wija untuk saling kenal mengenal  Karena selama ini hanya kenal via group WA saja dan tidak pernah berjumpa secara langsung.

" Kami sambut baik aspirasi keluarga tentang silatnas ini. Dan pertemuan ini bukan acara adat seperti biasanya. Melainkan acara ajang silaturrahim berkumpulnya turunan arung dari tiga kesultanan besar di Sulsel, bukan acara kerajaan seperti biasa di gelar para sultan dan raja," tutur mantan Karo Pemerintahan Pemprov Sulsel yang akrab dikenal dengan nama Ambarala.

Ambarala mantan pamong senior Sulsel yang berkiprah di politik saat ini menjelaskan, Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE merupakan organisasi masyarakat yang sudah mendapat legitimasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Nomor AHU 0013140.AH 0507 2021.Karena itu dalam operasionalnya organisasi wija Tellu BoccoE adalah ormas bukan lembaga adat atau kerajaan tapi anggotannya adalah para turunan dari tiga kerajaan besar di Sulsel.

" Perkumpulan ini bukan lembaga adat melainkan sebuah organisasi rumpun keluarga turunan dari tiga kerajaan besar di Sulsel. Dan bagi siapa saja yang jelas nasabnya atau  punya garis keturunan dari tiga kerajaan itu, bisa diakomodasi menjadi anggota perkumpulan," tandas Ambarala dengan nada pelan.

Diperoleh informasi, para pendiri Perkumpulan Wija Arung Tellu BoccoE diantaranya ; Muhammad Hasan Ambarala, Andi Kumala Idjo, Andi Iwan Bau Jemma, Andi Saida Wawo, A Agung Mappiwali dan Andi Qamar P Ambarala. Adapun anggotanya menghampiri 300 orang yang tersebar di sejumlah daerah.(ist/ulho)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment