Massa Minta Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Mundur, Dinilai Tidak Pro Rakyat

By Editor 22 Des 2023, 14:19:58 WIB Sulawesi Selatan
Massa Minta Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Mundur, Dinilai Tidak Pro Rakyat

Intiberita, Makassar-- Ratusan massa (Kamis 21/22) mendatangi Kantor Gubernur Sulsel meminta Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mundur.

Aksi massa yang mendatangi Kantor Gubernur itu menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Pemuda Masyarakat (Ampera) dan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Sulsel dengan korlap aksi dipimpin Fahmi Sofyan.

" Kebijakan Bahtiar tidak pro rakyat karena semata hanya mementingkan pengusaha. Karena itu kami minta Bahtiar mundur dan copot Bahtiar dari jabatannya," tutur Fahmi dengan suara lantang di kerumunan aksi massa.

Baca Lainnya :

Fahmi menilai, di tengah kondisi Sulsel dikatakan terancam bangkrut oleh Pj  Bahtiar  justru ia melakukan kunjungan dinas dengan menyewa helikopter yang biayanya cukup fantastis.

Sebuah Lembaga LGO mengatasnamakan dirinya Pusat Kajian Budaya dan Ilmu Pemerintahan Nasional lewat Direkturnya Hasan Basri Ambarala ikut prihatin dengan kondisi pemerintahan yang dipimpin Bahtiar di Sulsel.

" Coba saja bayangkan Pj menilai pemerintahan yang dipimpinnya  terancam bangkrut sementara dia berleha-leha naik heli melakukan kunjungan dinas ke berbagai kabupaten. Katanya Sulsel terancam bangkrut sementara dia sendiri tidak efisien menggunakan anggaran," tutur Ambarala yang juga mantan birokrat senior Pemprov Sulsel ini kepada wartawan.

Ambarala juga menilai Apdesi menyoroti pengalokasian dana desa untuk budidaya pisang cavendis itu wajar mereka suarakan. Karena  perintah menggunakan dana desa untuk kepentingan budidaya cavendis bisa jadi menyalahi aturan, karena tidak melalui mekanisme penganggaran alias bisa berpotensi pidana.

" Kebijakan ini bisa mengorbankan kepala desa nanti. Lagi pula program ini bikin resah petani.  Bahkan petani mengeluh ke mana dipasarkan nantinya. Apalagi pisang punya jangka waktu untuk betahan,"  ujar Ambarala.

Akan halnya yang dikatakan Anggota DPRD Sulsel Arfandi Idris kepada wartawan, ia juga mempertanyakan sikap Pj Gubernur Sulsel Bahtiar, menghamburkan anggaran hanya untuk kujungan ke daerah memakai fasilitas yang terbilang fantastis.

" Oktober 2023 Pj Bahtiar sendiri pernah bilang, Pemprov Sulsel terancam bangkrut akibat utang, tapi belakangan justru dia tidak menghemat anggaran," kata Arfandi yang juga Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Sulsel.

Tanggapan berbagai kalangan soal aksi unjuk rasa Kamis lalu sampai berita ini  diturunkan belum dinilai belum mengusik Pj Gubernur Sulsel. Sementara Ampera dan Apdesi mengancamakan turun lagi melakukan aksinya yang lebih besar jika tidak mendapat respon. (tim/**)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment