Mengenal lebih dekat KKT Jeneponto Pilar KKSS

By Editor 28 Mar 2022, 14:09:44 WIB Sulawesi Selatan
Mengenal lebih dekat KKT Jeneponto Pilar KKSS

Intiberita --  Organisasi Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto Pilar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKT JENEPONTO PILAR KKSS) memberikan sosialisasi terkait Organisasi paguyuban yang berkantor pusat di Jalan Mandala Selatan Tomang Jakarta Barat.


Paguyuban daerah yang berafiliasi langsung dengan KKSS ini terbentuk dan dibentuk dengan dasar kekayaan kearifan lokal (Local Genius) khususnya masyarakat Jeneponto yang berada di perantauan. Juga karena ini merupakan perintah UUD 45 pasal 28 terkait kebebasan berkumpul dan berserikat dan saat ini dipimpin oleh M. Irwan Zulfikar Mattewakkang MBA Krg. Liwang selaku Ketua Umum.

Baca Lainnya :


Hal ini diungkapkan oleh Ketua Departemen Humas BPP KKT Jeneponto Pilar KKSS Guntur Syamsuddin DL kepada BugisPos via telepon, Minggu (27/3/2022).


Menurutnya, paguyuban ini terbentuk karena nilai-nilai luhur dan keanekaragaman suku bangsa, adalah potensi yang harus dipelihara dan wajib dikembangkan sebagai warisan Tokoh warga Jeneponto juga warisan budaya bangsa.


"Maka selaras dengan itu, maka tokoh-tokoh masyarakat Jeneponto di perantauan sejak tahun 1981 telah menggagas terbentuknya suatu wadah organisasi bagi perantau asal kabupaten Jeneponto di Jakarta. Awalnya tokoh-tokoh masyarakat Jeneponto itu mengadakan pertemuan lewat pengajian dan arisan keluarga, lambat laun terbentuk kesadaran kolektif untuk membentuk organisasi, maka pada tanggal 6 Januari 1991 di Gelanggang Remaja Pluit Jakarta Utara dibentuklah Kerukunan Keluarga Turatea (KKT) Jakarta," ulas Guntur.


"Berdasarkan pertimbangan, agar cakupan organisasi ini bukan hanya di Jakarta saja akan tetapi mencakup seluruh provinsi di Indonesia, maka diubah menjadi Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto (KKT Jeneponto) . Kemudian KKT Jeneponto ini bergabung dan menjadi Organisasi pilar di Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan," terangya lagi.


"Berkenaan dengan kondisi organisasi yang begitu dinamis dan berdasarkan PO KKSS tentang Organisasi pilar, KKSS menginginkan Organisasi pilar nya bertranformasi dari Organisasi peguyuban sejabodetabek menjadi Organisasi pilar yg memiliki Badan pengurus pusat, Badan pengurus wilayah, badan pengurus daerah, dan badan perwakilan luar negeri, maka bertranformasi dari KKT JENEPONTO JAKARTA menjadi KKT JENEPONTO PILAR KKSS, yang sesuai dengan Akta KemenkumHAM No. AHU-0001665.AH.01.07.Tahun 2022

tentang

Pengesahan Pendirian Perkumpulan

Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto Pilar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan," tambah Guntur yang kerap disapa Karaeng Tumpu.


"Intinya KKT Jeneponto pilar KKSS berafiliasi dengan KKSS, yg memiliki hak suara dan hak pendapat ketika MUNAS, MUSWIL, dan MUSDA KKSS," imbuhnya.


"Jadi apabila ada suara-suara sumbang terkait isu perpecahan karena adanya organisasi ini, saya tegaskan ini bukan dualisme kepemimpinan, tetapi kekayaan kearifan local yang harus saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain, bukan perlombaan dan bukan pertandingan, untuk mendapatkan siapa pemenangnya, tapi eksistensinya adalah suatu wadah bagi masyarakat Jeneponto yang ada diperantauan untuk menyatukan rasa kekeluargaan tanpa ada batas sekat, strata dan status dengan budaya kedaerahan yang pada akhirnya menciptakan kesejahteraan dan kebahagiaan bersama. Jadi bagi elemen yang ada pada dua organisasi paguyuban KKT, maka diperlukan adanya kolaborasi dan bersinergi satu sama lain" tutupnya.

 

Saat ini KKT Jeneponto Pilar KKSS merupakan salah satu pilar terbaik, yg sudah memiliki 4 Badan Pengurus Wilayah:

1. BPW KKT JENEPONTO PILAR KKSS DKI Jakarta Ketua Abdul Rahman Hakim

2. BPW KKT JENEPONTO PILAR KKSS Banten Ketua Jamaluddin Kasim

3. BPW KKT JENEPONTO PILAR KKSS Jawa Barat Ketua Baharuddin Pabba

4. BPW KKT JENEPONTO PILAR KKSS Kalimantan Timur Ketua Erlan Estu Batara.

Dan insya Allah dalam waktu dekat akan terbentuk BPW KKT JENEPONTO PILAR KKSS Jawa Timur.


Berdasarkan data yang dikirimkan ke BugisPos, KKT Jeneponto Pilar KKSS telah mengadakan Rakernas I tanggal 19-20 Maret 2022 lalu, di Villa Gardenia, Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dibuka oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan dihadiri oleh Bapak Syamsul Arief Rivai.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment