Orang Aceh Jadi Pj Bupati Sinjai, Warga Harapkan Junjung Tinggi Netralitas

By Editor 24 Sep 2023, 15:40:50 WIB Sulawesi Selatan
Orang Aceh Jadi Pj Bupati Sinjai, Warga Harapkan Junjung Tinggi Netralitas

Intiberita, Makassar -Teka teki  siapa yang menjadi Pj Bupati Sinjai  pasca Andi Seto Asapah berakhir 25 Oktober 2023, kini terjawab sudah.

Terungkap kabar yang layak dipercaya walaupun SK belum dibacakan, jika yang bakal ditunjuk Mendagri menjadi Pj Bupati Sinjai adalah Kepala Pusat Strategi Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik Kemendagri Fahsul Falah putera daerah asal Aceh.

Penunjukan Fahsul Falah mematahkan nama nama yang diusulkan Pemprov Sulsel. Semuanya ditolak Mendagri dan memilih orangnya untuk duduk menjadi Pj Bupati Sinjai.

Baca Lainnya :

"Empat Pj yang akan dilantik  dalam waktu dekat ini, termasuk putera daerah asal Aceh yang selama ini berkarier di Kemendagri menjadi Pj Bupati Sinjai," kata sumber IB di Kemendagri.

Penunjukan Fahsul Falah ini selain menjawab kekhawatiran berbagai kalangan di Sinjai akan adanya titipan orang tertentu,  juga diharapkan Pj Bupati yang konon kabarnya orang dekat Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharudin bisa mewakili masyarakat Sinjai menegakkan netralitas dalam menghadapi Pilkada mendatang di Sinjai.

" Kendati pun Sinjai selama ini tidak ada perubahan tapi kami butuh orang yang netral dan tidak nepotisme dalam memimpin. Bagi kami Jabatan bupati bukan jabatan warisan. Kami mau dipimpin orang betul betul memahami pemerintahan, bukan bupati yang mau bagi bagi proyek semata. Kami tidak mau dipimpin orang  yang lahir dari menara gading. Karena itu Pj Bupati harus independen alias tidak memihak," kata salah seorang tokoh masyarakat Sinjai yang enggan disebutkan namanya.

Pernyataan berbagai kalangan di Sinjai memang akhir akhir ini mulai memanas apalagi pilkada di depan mata. Terbukti detik detik Andi Seto lengser puluhan pejabat esalon sampai kepala sekolah dasar sekali pun  dilantik belum lama ini pada malam hari. Itupun menuai sorotan pubik karena pelantikan hanya disaksikan Staf Ahli bukan Sekda Sinjai.

" Ini tidak biasanya terjadi di Sinjai ada pejabat dilantik malam malam. Pelantikan itu dilaksanakan dengan kesan terburuburu," ujarnya ke media ini.

Bukan itu saja, diskusi warung kopi menjelang Andi Seto berakhir terekam semakin menarik, mereka menilai banyak kebijakan melenceng dari harapan masyarakat Sinjai selama ini. Termasuk yang dikeluhkan banyak kontraktor daerah yang dinilai sulit mendapatkan proyek jika tidak berhubungan dengan sang 'Ketua Kelas' yang ditunjuk oleh pengambil keputusan.

Akan halnya Pj Bupati yang dipilih Mendagri yang notabene orang Aceh, kendati pun paham pemerintahan namun sejumlah warga Sinjai mengingatkan sebagai orang baru di Sinjai,  mau menyerap apa yang menjadi rintihan warga Sinjai selama ini jika tidak ingin dianggap pejabat titipan orang tertentu. 

" Sinjai memang kecil wilayahnya tapi jangan samakan dengan kabupaten lainnya," kata salah seorang tokoh masyarakat yang berkomentar di sebuah warkop di kota Sinjai. (Ist/**)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment