Situs Sejarah di Bulukumba Perlu Dipelihara dan Dilestarikan

By Ulho 31 Des 2021, 16:34:02 WIB Wisata
Situs Sejarah di Bulukumba Perlu Dipelihara dan Dilestarikan

Intiberita -- Situs bersejarah di tanah air menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat. Karena sejarahlah salah satu yang menjadikan bangsa ini mengenal jati dirinya.

Seperti halnya di Bulukumba Sulsel, banyak situs sejarah, seperti makam raja raja yang berasal dari Gowa dan Bone dimakamkan di Bumi Panrita Lopi itu.

Akan halnya makam Karaeng Gantarang Paremma Dg Palopo dan Karaeng Mappamadeng Petta Lettu keduanya adalah masih dari garis turunan Raja Gowa dan Raja Bone.

Baca Lainnya :

Makam kedua Raja di Bulukumba itu hanya dirawat anak cucunya, padahal ini bagian dari situs bersejarah.

Direktur Pusat Kajian Budaya dan Ilmu Pemerintahan, Hasan Basri Ambarala yang menyempatkan meninjau kedua makam itu menyayangkan jika situs bersejarah itu hanya dirawat oleh keturunannya. 

" Ini situs bersejarah perlu diagendakan dalam APBD. Paling tidak OPD terkait dengan situs ini, kiranya dijadikan agenda tahunan dalam pemeliharaannya," tutur Ambarala.

Ia juga berharap situs bersejarah ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah, minimal dengan langkah awal dimasukan dalam agenda situs yang perlu dijaga.

" Pihak kami dalam waktu singkat akan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk mendiskusikan pentingnya situs bersejarah ini. Paling tidak, kami akan angkat dalam sebuah seminar khusus kajian dan pelestarian situs bersejarah di Sulsel," tandas Ambarala. (ah)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment